BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 28 April 2010

Tema, Topik & Judul

TOPIK, TEMA & JUDUL

TOPIK
Topik adalah tahap awal dalam proses penelitian atau penyusunan karya ilmiah. Topik yang masih bersifat awal tersebut kemudian difokuskan dengan cara membuatnya lebih sempit cakupannya atau lebih luas cakupannya sudah sesuai, kemudian permasalahan dapat ditentukan. Permasalahan dapat berupa pertanyaan yang kemudian analisis atau pernyataan argumentasinya merupakan penjabaran bukti berdasarkan analisis.

Syarat-syarat Topik :
1. Topik harus menarik perhatian penulis
2. Topik harus diketahui/dipahami penulis
3. Jangan terlalu baru, teknis dan controversial
4. Bermanfaat
5. Jangan terlalu luas
6. Topik yang dipilih harus ada disekitar kita
7. Topik yang dipilih harus yang menarik
8. Topik yang dipilih ruang lingkup sempit dan terbatas

TEMA
Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran dalam membuat suatu tulisan. Disetiap tulisan pastilah mempunyai sebuah tema, karena dalam sebuah penulisan dianjurkan harus memikirkan tema apa yang akan dibuat. Dalam menulis cerpen, puisi, novel, karya ilmiah dan berbagai macam jenis tulisan haruslah memiliki sebuah tema. Jadi jika diandaikan seperti sebuah rumah, tema adalah atapnya. Tema juga hal yang paling utama dilihat oleh para pembaca sebuah tulisan. Jika temanya menarik maka akan memberikan nilai lebih pada tulisan tersebut.

Syarat-syarat Tema :
1. Harus sesuai dengan judul
2. Harus menarik
3. Harus jelas
4. Harus dimengerti

JUDUL
Judul adalah perincian atau penjabaran dari topik. Judul lebih spesifik dan sering telah menyiratkan permasalahan atau variabel yang akan dibahas. Judul tidak harus sama dengan topik. Jika topik sekaligus menjadi judul, biasanya karangan akan bersifat umum dan ruang lingkupnya sangat luas. Judul dibuat setelah selesai menggarap tema, sehingga bisa terjamin bahwa judul itu cocok dengan temanya.

Syarat-syarat Judul :
1. Harus relevan
2. Harus mempunyai pertalian dengan tema
3. Harus dapat menimbulkan keingintahuan pembaca terhadap isi karangan
4. Harus singkat
5. Harus provokatif

Contoh Pembatasan Topik :
Contoh 1 :
Topik : Bencana alam
Pembatasan Topik : Selanjutnya akan menulis karangan berbentuk deskripsi tentang semua bencana alam yang pernah terjadi atau pilih salah stu bencana alam saja

Contoh 2 :
Topik : Kualitas pendidikan Indonesia
Pembatasan topik : Mengapa pendidikan di Indonesia menurun dan upaya apa yang dilakukan untukl mengatasi penurunan tersebut.

0 komentar: